Friday, February 22, 2013

Training Saksi


Training Saksi

Jika ingin memenangkan Pilkada, salah satu kunci penting yang harus dilakukan adalah membentuk tim yang efektif di level grass root. Selain bisa digunakan sebagai corong untuk menghimpun massa dan dukungan, tim akar rumput juga bisa digunakan sebagai “saksi” pada hari H pilkada. 

Saksi merupakan perwakilan dari pasangan calon kepala daerah  yang bertugas langsung di setiap TPS. Saksi akan mengikuti semua rangkaian acara pada hari H pemungutan suara dilakukan, saksi akan memastikan pemungutan suara sampai penghitungan suara selesai sekaligus menjaga suara pasangan calon kepala daerah dari kecurangan yang mungkin terjadi di TPS.

Saksi harus mengetahui hak dan kewajiban mereka dalam proses pilkada. Selain itu saksi juga harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum, ketika dan setelah pemilihan berlangsung. Untuk itu, saksi harus diberikan pembekalan dan motivasi agar memiliki ikatan yang kuat dengan klien. Sebab, saksi adalah salah satu ujung tombak kemenangan pasangan calon kepala daerah.

Banyak pasangan calon kepala daerah merasa dicurangi tetapi tidak dapat membela diri secara hukum karena tidak memiliki bukti tentang kecurangan yang terjadi di TPS-TPS. Ini terjadi karena saksi pasangan calon kepala daerah tidak dibekali dengan materi yang tepat seperti: peraturan pemilu dan tatacara pemilihan dan penghitungan suara. PUTRAMAS Network siap membantu pasangan calon kepala daerah dalam memberikan pembekalan dan motivasi kepada para saksi.

0 comments:

Post a Comment